Sampang – PT PLN (Persero) menggelar program nasional bertajuk *“Bangkit Lebih Terang”* yang berlangsung mulai 10 hingga 23 Mei 2025. Program ini memberikan diskon hingga 50 persen bagi pelanggan yang ingin melakukan penambahan daya listrik, termasuk di wilayah Madura.
Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Madura, Fahmi Fahresi, menjelaskan bahwa program ini merupakan inisiatif dari PLN pusat dan berlaku serentak di seluruh Indonesia, termasuk Madura. Menurutnya, inisiatif ini dapat memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal, terutama pada sektor produktif.
“Ini merupakan program nasional dari PLN yang berlaku di seluruh Indonesia, termasuk Madura. Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkannya secara optimal dan tetap berhati-hati.” kata Fahmi melalui pesan singkat elektronik, Selasa 20/05/2025
Fahmi menjelaskan bahwa tidak semua pelanggan dapat mengikuti program ini. Hanya pelanggan tegangan rendah satu fasa dengan daya awal antara 450 VA hingga 5.500 VA yang memenuhi syarat. Penambahan daya maksimal dibatasi hingga 7.700 VA. Selain itu, pelanggan harus telah terdaftar sebelum 1 Mei 2024.
“Diskon yang ditawarkan cukup signifikan. Contohnya, untuk peningkatan daya dari 450 VA ke 7.700 VA, pelanggan hanya perlu membayar Rp 3.512.625, jauh lebih ringan dibandingkan tarif normal sebesar Rp 7.025.250. Namun, seluruh pembayaran harus dilakukan secara lunas di awal, kecuali untuk Uang Jaminan Langganan (UJL) yang masih dapat dicicil hingga 12 bulan.”jelasnya
Pelanggan pascabayar kata Fahmi melanjutkan wajib melunasi terlebih dahulu seluruh tagihan listrik sebelum mengajukan tambah daya. Jika ketentuan ini tidak dipenuhi, maka pengajuan tidak akan diproses.
“Program ini diharapkan dapat menjadi pendorong percepatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan produktivitas di Madura. Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan listrik secara aman, menjaga jarak aman dengan jaringan listrik serta membayar listrik tepat waktu maksimal tanggal 20 setiap bulannya. Saran maupun pengaduan dapat melalui aplikasi PLN Mobile atau contact center PLN 123,” tambahnya
Proses pengajuan hanya dapat dilakukan melalui aplikasi *PLN Mobile*, dengan maksimal penggunaan empat e-voucher per akun. Oleh karena itu, masyarakat diminta memastikan telah mengunduh aplikasi dan memahami tata cara pengajuan melalui platform tersebut.